CV. MITSUINDO JAYA TEKNIK
OFIICE:
JL. Raya setu
Ruko
puri asri .Blok A no 9a &10a
Telajung, Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat
17530, Indonesia
Tlp : 021-8262-4544
HP : 081385243445
whatsapp
: 081385243445
email
: indonesia.lift@gmail.com
Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk
mengangkut orang atau barang lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat
tinggi biasanya lebih dari tiga atau empat lantai untuk memudahkan mobilitas
suatu perusahaan untuk mempermudah kinerja gedung-gedung yang lebih rendah
biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator dan lift pada zaman modern
mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan
mereka terdapat 3 jam mesin yaitu hidrolik reaction atau katrol tetap dan Hoist
atau katrol ganda jenis Hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu hoist
dorong dan Hoist tarik sejarah-sejarah dan alur waktu lip awalnya adalah derek
yang terbuat dari tali pada tahun 1853 Elisha grade otis salah satu pionir
dalam bidang Lift memperkenalkan lift yang menghindarkan jatuhnya ruang Lift
kabel putus rancangannya mirip suatu jenis mekanisme keamanan yang masih
digunakan hingga kini 23 Maret 1857 lift pertama dipasang di New York
City 1880 lift listrik pertama dibuat oleh Winner containment 2004 pemasangan
lift penumpang tercepat di dunia di taipe gedung 101
Lift merek-merek Internasional
SANEI elevator & escalator
fujiHD
Fuji elevator
Fujitec elevator
Hitachi elevator
Hyundai elevator
kone elevator
Mitsubishi elevator
Otis elevator
Shanghai Mitsubishi elevator
Sigma elevator
Thyssenkrupp elvator
Toshiba elevator
lift luar negeri
Domus elevator
Stannah elevator
express elevator
Sakura elevator Indonesia
westinghouse elevator
Haughton elevator
Furse elevator
Dover elevator
indonesia lift
Indonesia smart lift
pillar elevator
loser lift
line elevator
Indolift
total elevator
Tamiang elevator
Fujita elevator
Sei liput perdana elevator
lift di rumah sama seperti pada umumnya hanya kapasitas daya angkutnya
saja yang kecil kisaran 200 kilo sampai 400 dan dimensi yang kecil juga kisaran
1 meter setengah kali 1 meter tepat di balik pintu tadi terdapat door minimalis
seperti pintu lift penumpang di dinding samping bagian tengah terdapat tombol
atas untuk tombol kontrol bawah untuk telepon jika ada kerusakan dalam lift
atau gangguan
LIFT PADA GEDUNG BERTINGKAT
I. JENIS ELEVATOR / LIFT
Secara umum jenis lift dilihat dari pemakaian muatan dapat
digolongkan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu :
1. Lift Penumpang ( Passenger Elevator)
2. Lift Barang ( Freight elevator )
3. Lift Pelayan ( Dumb Waiter, lift barang berukuran kecil ).
Secara teknis lift-lift tersebut tidak jauh berbeda secara
prinsip. Perbedaan yang nyata pada interior dan perlengkapan operasi dari lift-lift
tersebut. Juga pada sistem pengamanan operasi yang dipasang sebagian besar
sama, hanya pada dumb waiter sistem pengamanan operasi yang disediakan lebih
sederhana.
Perbedaan tersebut akan semakin nyata apabila dibandingkan antara
lift barang untuk pabrik (besar) dengan lift penumpang yang dipergunakan
didalam gedung-gedung diperkantoran. Lift barang untuk pabrik (sesuai dengan
kebutuhan) dilengkapi dengan pembuka pintu yang lebih besar, baik dipasang
dengan pembukaan secara horizontal (terdiri lebih dari dua pintu) maupun yang
dipasang dengan sistem pembukaan pintu vertikal (biasanya terdiri dari dua daun
pintu atau lebih)
Perbedaan lain juga dapat dilihat pada cara penulisan kapasitas
muatannya. Kapasitas digerakan pada COP (Car Operation Panel, Operation Panel
Board) didalam kereta biasanya dinyatakan dalarn kilogram (kg) atau (Ib) untuk
jenis lift barang, sedangkan untuk penumpang sering dinyatakan dalam jumlah
orang (persons) atau kombinasi keduanya. Akan tetapi perbedaan tersebut akan
menjadi semakin tipis apabila kita bandingkan lift penumpang dan lift barang
yang terpasang dalam gedung perkantoran. Hal tersebut disebabkan karena
sebagian besar lift barang yang terpasang didalam gedung hunian dipersyaratkan
juga untuk dapat mengangkut penumpang atau orang.
Jenis Elevator / lift dilihat dari penggunaannya, adalah ;
1. Passenger Elevator.
2. Observation Elevator (Panoramic Elevator, Lift Capsul).
3. Service Elevator (passenger-freight elevator).
4. Fireman lift (lift Pemadam Kebakaran).
Observation elevator adalah jenis lift penumpang yang sebagian
besar pada dindingnya atau pintunya dilengkapi dengan kaca. Sehingga
memungkinkan penumpangnya dapat melihat kearah luar. Lift jenis ini biasanya
dipasang pada pertokoan atau hotel yang memiliki pemandangan yang bagus.
II. KOMPONEN UTAMA ELEVATOR
Komponen utama elevator terdiri dari 2 ( dua ) bagian besar ,
yaitu ruang mesin ( Machine Room ) dan ruang luncur ( Hoistway ).
1. Ruang mesin ( Machine Room )
Ruang mesin adalah ruang terpenting, dimana diruangan tersebut
terjadinya semua proses pengoperasian elevator berlangsung secara keseluruhan.
Didalam ruang mesin terdapat beberapa alat penggerak elevator.
2. Motor penggerak
Motor penggerak elevator ini memiliki asupan daya tegangan
bolak-balik (Ac) dari PLN yang sangat berperan dalam pelaksanaan kerja
elevator, motor penggerak ini mempunyai kemampuan putar antara 50 putaran per
menit sampai dengan 210 putaran per menit. Dengan kapasitas tegangan motor yang
disesuaikan dengan kapasitas angkut .
Motor penggerak ini dilengkapi dengan rem magnet ( magnetic brake
) yang berfungsi menahan motor ketika kereta telah sampai pada lantai yang
dituju, pergerakan cepat atau lambatnya elevator diatur oleh PLC (Programable
Logic Control) . Motor penggerak dalam menarik dan menurunkan elevator
menggunakan tali baja ( rope ) yang melingkar pada puli mesin ( sheave ).
Jenis Penggerak Elevator / lift pada umumnya
Pada umumnya jenis penggerak lift dapat digolongkan menjadi dua
kelompok yaitu :
A. Lift dengan sistem pengerak hidrolis (hydrolic elevator).
B. Lift dengan sistem penggerak dengan motor listrik (traction
type elevator).
Perbedaan pokok dari kedua jenis lift tersebut yaitu :
No
Perbandingan
Traction Machine
Hydrolic
1.
Pelayanan
tidak terbatas
terbatas 20 meter
2.
Pemakaian
Lebih dari 80 start /stop perjam.
Terbatas 80 start /stop perjam
3.
Kecepatan
Tidak terbatas (1000m/menit)
Terbatas (maks 90 m/menit)
Jenis Lift Dengan Traction Motor
Lift yang mempergunakan tarction motor dapat dibedakan menjadi 2
(dua) yaitu :
1. Jenis Tarikan Langsung (Drum Type)
2. Jenis Tarikan Gesek (Traction Drive)
1. Drum Type Elevator
Cara operasi lift jenis ini seperti crane-crane pada proyek
kontruksi bangunan, dengan menggulung tali baja pada tabung gulung. Pemakaian
jenis lift ini pada lift penumpang tidak terlalu populer seperti pada lift
traksi jenis motor pully, hal ini disebabkan adanya beberapa keterbatasan dalam
pemakaian. Oleh karena itu lift jenis ini hanya dipergunakan untuk lift-lift
dengan kapasitas kecil seperti pada lift perumahan (home elevator) dan (lift
pelayan) dumbwaiter.
Adapun kelemahan tersebut, antara lain :
a. Kecepatan yang dapat dicapai secara teknis terbatas ( +/- 15
m/menit)
b. Kapasitas angkut terbatas (maksimal 200 kg).
c. Penggunaan tenaga listrik lebih boros ( tanpa bobot imbang ).
2. Traction Type Elevator
Lift jenis ini dapat digolongkan menjadi 2 (dua ) penggolongan,
yaitu :
a. Dilihat dari segi mesin penggerak , dibagi menjadi 2 (dua )
yaitu :
a.1 Geared Elevator
a.2 Gearless Elevator
b. Dilihat dari jenis motor traksi yang dipergunakan dapat menjadi
dua (2) jenis, yaitu :
b.1 Lift traksi motor AC
b.2 Lift traksi motor DC
Geared elevator dengan penggerak motor AC geared biasanya
dipergunakan pada lift berkecepatan rendah dan sedang. Sebaliknya Gearless
elevator dengan penggerak motor DC ( AC VVVF ) dipergunakan pada lift kecepatan
tinggi.
Pada umumnya lift jenis traksi meletakkan motor traksi dan panel
control diatas ruang luncur (hoistway), namun demikian dalam beberapa kasus
tertentu penempatan motor traksi dan panel control ada yang diletakkan samping
bawah atau disamping atas ruang luncur. Untuk mengatasi masalah dimana
ketinggian bangunan yang terbatas.
3. Governor
Governor adalah komponen penggerak utama dalam elevator, didalam
governoor ini terdapat saklar yang berfungsi untuk menonaktifkan semua
rangkaian sehingga otomatisasi elevator mati dan tidak berfungsi. Selain saklar
juga terdapat pengait rem, pengait rem ini berfungsi untuk menghentikan kawat
selling dan kawat selling ini menarik rem yang ada di kereta elevator.
4. Panel
Panel ini adalah tempat control elevator secara otomatis, panel
ini terdapat inverter motor dan program logic control yang berfungsi untuk
mengatur geraknya elevator.
5. Ruang luncur
Ruang luncur ini adalah tempat dimana elevator beroperasi
berbentuk lorong vertikal, disinilah elevator menjangkau tiap-tiap
lantainya.didalam ruang luncur ini terdapat beberapa komponen utama yang tak
kalah pentingnya dibandingkan dalam ruang mesin
6. Kereta ( Sangkar )
Kereta elevator beroperasi pada ruang luncur dan menapak pada rail
di kedua sisinya, pada sisi kanan dan kiri terdapat pemandu rail ( sliding
guide ) yang berfungsi memandu atau menapaki rail.
Selain pemandu rail ( sliding guide ) juga terdapat karet peredam
( silencer rubber ) yang berfungsi untuk mengurangi kejutan ketika elevator
berhenti maupun mulai start, selain itu pula terdapat pendeteksi beban (switch
overload) yang terdapat dibawah kereta elevator. Pada pintu kereta elevator
juga terdapat sensor gerak ( safety ray ) dan sensor sentuh ( safety shoe )
yang terpasang pada pintu kereta dan berfungsi supaya untuk penumpang elevator
tidak terjepit pintu elevator, didalam kereta elevator juga terdapat
tombol-tombol pemesanan lantai ( floor button ) yang akan dituju oleh pengguna
elevator.
Kereta elevator memiliki pintu otomatis yang digerakkan oleh motor
stepper yang bekerja berdasarkan sinyal digital yang asalnya dari sensor
kedekatan ( proximity ) yang berfungsi menentukan level atau tidaknya lantai,
setelah lantai dinyatakan level atau rata maka motor stepper akan membuka pintu
secara otomatis.
Ada beberapa komponen pendukung kerja elevator antara lain seperti
dibawah ini :
1. Saklar pintu ( door contact )
Saklar pintu ( door contact ) ini termasuk dalam komponen pengaman
elevator.
2. Kunci pintu ( door lock )
Berfungsi untuk mengunci pintu agar pintu tidak dapat dibuka dari
luar
3. Saklar batas atas ( final up ) dan bawah ( final down )
Saklar batas atas dan bawah berfungsi untuk mengamankan kereta
elevator terhadap kemungkinan terjadinya kelebihan kecepatan.
7. Saklar Pintu
Saklar pintu atau sering disebut dengan door contact adalah salah
satu komponen yang termasuk penting dalam pengamanan elevator, cara kerja dari
saklar pintu ( door contact ) ini adalah saklar di hubungkan kabel saklar pintu
( door contact ) tiap-tiap lantai secara seri.
Apabila salah satu pintu dibuka secara sengaja maka elevator tidak
akan bekerja, ini dikarenakan untuk keselamatan pengguna elevator atau bagian
perawatan elevator.
8. Bobot imbang ( counterweight )
Bobot imbang atau counterweight biasanya terpasang dibelakang atau
disamping kereta elevator, bobot dari bobot imbang ini harus sesuai dengan
ketentuan yang ada. Faktor-faktor yang menentukan berapa berat dari bobot
imbang ini diantaranya harus memperhitungkan berat kereta, kapasitas penuh pada
kereta dan faktor keseimbangan.
9. Peralatan Pengaman ( Safety Device )
Peralatan pengaman safety device pada lift meliputi
a. Circuit braker
Memutuskan sumber (aliran) listrik dari panel induk (sub panel) ke
panel control lift.
Menjaga peralatan elektronik dari lift jika terjadi arus lebih
(over current).
b. Governoor
Memutuskan power/aliran listrik ke control panel lift jika
governor mendeteksi
terjadinya overspeed (kecepatan lebih) pada traffict lift (putaran
roda pulley
governoornya). Menjepit sling governor (catching).Secara mekanik
bandul
governor akan menjepit sling overnor (rope governor) dan dengan
terjepitnya
sling ini,maka sling ini akan menarik safety wedge pada unit
safety gear/safety
wedge yang terletak di bawah car lift dan akan mencengkaram rail
untuk
melakukan pengereman secara paksa terhadap lift.
c. Final limit switch (upper/bagian atas)
Merupakan double proteksi untuk menghentikan operasi lift jika
limit switch (upper)
gagal beroperasi.
d. Limit switch (upper/bagian atas)
Berfungsi menjaga lift beroperasi melewati batas travel lantai
tertingginya.
e. Emergency exit (manhole)
Penumpang dapat di evakuasasi dari dalam sangkar melalui manhole
ini pada saat
emergency.Manhole ini hanya dapat di buka dari sisi luar bagian
atas.jika pintu ini
terbuka lift otomatis akan berhenti.
f. Emergency light (lampu emergency)
Lampu emergency akan menyala secara otomatis jika terjadi
pemadaman
sumber listrik.Lampu ini dapat bertahan rata-rata sampai dengan 15
menit.
g. Safety gear/safety wedge
Melakukan pengereman (menjepit) terhadap rail jika governor
mendeteksi terjadinya
over speed.
h. Limit switch (Lower/bagian bawah)
Menjaga lift beroperasi melewati batas travel lantai terendahnya.
i. Final limit switch (lower/bagian bawah)
Merupakan double proteksi untuk menghentikan opersi lift jika
limit switch
gagal beroperasi.
j. Lubang kunci pintu luar
Terletak di sisi sebelah atas dari pintu luar lift yang
memungkinkan untuk di buka
jika ingin melakukan pertolongan darurat pada penumpang jika
terjadi emergency.
k. Door lock switch
Mencegah pintu terbuka pada saat lift sedang beroperasi
(running).Pintu hanya
dapat di buka setelah sangkar berhenti.
l. Interphone
Penumpang dapat berkomunikasi dengan petugas teknisi (building
maintenance)
di ruang mesin,ruang control atau ruang security jika terjadi
pemdaman listrik atau
hal emergency.
m. Safety shoe
Mendeteksi gangguan pada saat pintu akan menutup dan membuka
kembali
jika mendeteksi sesuatu.Photocell dapat di gunakan secara
bersamaan safety shoe ini.
n. Weighing Device (pendeteksi beban)
Memberikan / mengaktifkan buzzer alarm pada saat weighing device
ini mendeteksi
beban sangkar yang berlebih.jika weighing device ini aktif pintu
lift akan tetap terbuka
sampai dengan sangkar di kurang bebannya.
o. Apron
Mencegah penumpang terjatuh ke dalam hoistway (ruang luncur lift)
pada saat
penumpang mencoba keluar ketika lift berhenti tidak level.
p. Buffer
Jika sangkar atau counterweight (beban penyeimbang) bergerak ke
arah paling bawah,
buffer akan mengurangi terjadinya shock (guncangan).
10. Lobi lift ( Lift Hall ):
a. Lobi lift (Lift Hall) adalah ruang bebas yang lerletak didepan
pintu hall lift.
b. Tombol Lantai (Hall button ) adalah Tombol pemanggil kereta, di
hall.
c. Sakelar Parkir (Parking switch) terletak di lobby utama didekat
tombol lantai (hall button),
berfungsi mematikan dan menjalankan lift.
d. Sakelar Kebakaran (Fireman Switch) terletak di lobby utama
disisi atas hall button,
berfungsi untuk mengaktipkan fungsi fireman control atau fireman
operation.
e. Petunjuk Posisi Kereta (Hall indicator) terletak di transom
masing-masing lift.
Berfungsi untuk mengetahui posisi masing-masing kereta.
11. Konstruksi tali baja tarik
Tali baja tarik khusus untuk lift harus dibuat dari kawat baja
yang cukup kuat, tetapi cukup lemas tahan tekukan, dimana tali tersebut
bergerak bolak balik melalui roda. Batas patah elemen kawat baja ialah
kira-kira 19.000 kgf/cm2 atau 190kgf/mm2 (high content carbon steel).
Konstruksi tali yang khas untuk lift terdiri dari 8 pintalan yang
dililitkan bersama, arah kekiri ataupun kekanan dengan inti ditengah dari serat
sisal manila henep, yang jenuh mengandung minyak lumas. Tiap-tiap pintalan
terdiri dari 19 kawat yaitu 9.9.1, artinya 9 kawat diluar, 1 dipusat dan 9 lagi
diantaranya. Biasanya 9 elemen kawat baja yang diluar dibuat dari baja
"lunak" (130 kgf7mm2) agar menyesuaikan gesekan dengan roda puli dari
besi tuang, tanpa rnenimbulkan keausan berlebihan. Konstruksi tali sering
disebut atau ditulis 8x19 atau 8 x 9.9.1. FC (fibre core).
Inti serat sisal dapat juga diganti dengan serat sintetis. Adapun
tujuannya hanya sebagai bantalan untuk mempertahankan bentuk bulat tali dan
memberikan pelumasan pada elemen kawat. Tali baja yang dilengkapi inti serat
diberi kode FC (fibre core), untuk membedakan dengan tali yang dilengkapi inti
kawat baja atau kawat besi yang diberi kode IWC (independent wire core). Yang
tersebut terakhir tidak memberikan pelumasan dan tidak digunakan untuk lift
karena tidak luwes.
Dilihat dari segi arah pilinan, tali dibedakan atas 2 jenis yaitu
:
1. Regular lay, jika arah pilinan kawat berlawanan dengan arah
lilitan dan strand
2. Lang lay, jika arah pilinan kawat sama searah dengan lilitan
dan stand.
Keuntungan dari lang lay ialah kemuluran tali lebih kecil yaitu
0.1 % hanya dibanding dengan regular lay 0.5%. Tekanan pada alur puli lebih
kecil sehingga lebih awet dan lebih luwes, tidak mempunyai sifat kaku
(menendang) saat mau dipasang. Lang lay dipakai untuk instalasi lift
berkecepatan tinggi diatas 300 m/menit, dan jarak lintas diatas 200 m.
Lang lay juga lebih tahan terhadap fatigue, tetapi batas patah
lebih kecil kira-kira 10% dibanding dengan regular lay. Umpama pada tali
berdiameter 13 mm, untuk regular lay batas patah 6500 kgf, sedangkan pada lang
lay sebesar kira-kira 5800 kgf.
Tali baja kompensasi
Tali baja kompensasi dipasang sebagai pengimbang berat tali baja
tarik, terutama pada instalasi lift dengan tinggi lintas lebih dari 35 meter
dan lift dengan berkecepatan 210 m/menit keatas. Lift dengan lintas rendah
sampai 35 m dan berkecepatan dibawah 210 m/menit menggunakan rantai gelang
sebagai pengimbang berat tali baja tarik.
Salah satu manfaat penggunaan kompensasi berat atas tali baja
ialah menjaga hubungan traksi T1/T2 konstan sepanjang lintasan. Lonjakan kereta
dapat terjadi saat bobot imbang membentur peredam di pit. Oleh karena itu
overhead harus diperhitungkan tingginya untuk cukup menampung tinggi ruang aman
disamping lonjakan kereta setinggi setengah langkah peredam. Setelah terjadi
Ionjakan, kereta akan jatuh kembali ke posisi menggantung dengan menimbulkan
tegangan dinamis pada tali baja tarik sesaat, setelah lonjakan. Kejutan semacam
itu juga dapat terjadi saat pesawat pengaman bekerja yaitu kereta meluncur
overspeed kebawah tiba-tiba dihentikan, sehingga bobot irnbang melonjak keatas
sesaat dan kembali ke kedudukannya menggantung dengan menimbulkan tegangan
dinamis pada tali baja tarik.
Tali kompensasi mempunyai peranan meredam peristiwa lonjakan
tersebut. Untuk mengurangi tegangan dinamis pada tali baja tarik, terutama pada
lift berkecepatan diatas 210 m/m, maka dipasang roda teromol di pit sebagai
penegang tali kompensasi. Teromol tersebut beralur sesuai dengan jumlah dan
besarannya tali kompensasi serta duduk pada rumah yang bebas naik-turun mengikuti
ayunan, yang dipandu oleh sepasang rel vertikal.
Gerakan ayunan naik-turun rumah teromol tersebut perlu diredam
dengan satu atau dua buah shock breaker (sejenis yang digunakan pada kendaraan
bermotor) yang diikat pada dasar pit sekaligus sebagai penahan kereta agar
tidak atau hampir tidak melonjak. Posisi kereta diujung atas dimulai dari tali
kendor atau kecepatan Vo = 0, saat bobot imbang membentur penyangga dan
terhenti. Tahapan berikutnya tegangan puncak tali terjadi saat tali baja tarik
menahan kereta yang turun kembali dari lonjakan.
Jika tali kompensasi tidak dilengkapi dengan teromol penegang yang
sesuai, dan peredam dari bobot imbang tidak dilengkapi dengan saklar pemutus
arus, maka kereta dapat saja meloncat sampai membentur bagian bawah lantai
kamar mesin, yaitu sesaat setelah bobot imbang membentur penyangga. Peristiwa
ini sering disebut oleh teknisi lapangan sebagai peristiwa "jatuh
keatas".
Saat ini diberbagai macam kota besar, penggunaan gedung ataupun
bangunan bertingkat lebih banyak digunakan. Karena tentu saja bangunan
bertingkat ini menghemat lahan, terutama adalah lahan didaerah perkotaan yang
semakin sempit saja. Sehingga salah satu solusi yang sering dipakai adalah
dengan membangung bangunan ataupun gedung bertingkat. Biasanya berbagai macam
gedung bertingkat ini digunakan untuk kampus, sekolah, hotel, apartement, rumah
sakit, mall, perkantoran dan masih banyak lagi yang lainnya.
Untuk bisa kelantai selanjutnya tentu saja dibutuhkan yang namanya
alat yang bisa membawa mereka kelantai yang ingin dituju dengan cepat dan
mudah. Salah satunya yaitu menggunakan lift. Karena fungsi dari lift ini bisa
membawa kita kelantai yang selanjutnya dengan cepat dan juga mudah, sehingga
sangat menghemat waktu anda dan tentu saja anda tidak membutuhkan yang namanya
energy besar. Dibandingkan dengan kita menggunakan tangga manual, selain
membutuhkan waktu lebih lama lagi, namun untuk menaiki satu persatu anak tangga
pastinya dibutuhkan enegeri yang tidak sedikit. Sehingga supaya lift bisa
dipasang dengan baik dan benar, maka dibutuhkan yang namanya jasa dari
kontraktor Lift Barang ini, yang akan membantu untuk memasangkan lift digedung
tersebut.
Jasa dari kontraktor Lift Barang ini akan membantu untuk memasang
lift digedung tersebut lebih aman dan tentu saja bisa digunakan dengan cepat.
Karena untuk pemasangan dari lift ini sendiri tentu saja tidak boleh
sembarangan, dan tidak sembarangan orang juga bisa melakukannya, karena yang
namanya lift ini sendiri digunakan banyak orang, sehingga tingkat keamannya
sendiri adalah hal yang paling utama harus diperhatikan dengan baik dan benar.
Kalau sembarangan pun tentu saja akan sangat berbahaya sekali, dan bisa
menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, jika anda ingin mencari jasa
kontraktor Lift, jangan sampai salah pilih. Pastikan kalau jasa Kontraktor
untuk pemasagan Lift tersebut sudah terpercaya. Salah satu solusi yang paling
tepat adalah dengan menggunakan jasa kontraktor Lift Barang terpercaya milik
kami ini, yang akan memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas.
Lift rumah sakit
Di dalam rumah sakit, tidak semua orang sanggup untuk naik turun
tangga, begitu juga dengan akses menuju ruangan di lantai atas. Seringkali,
pasien harus dibawa ke lantai atas untuk pemeriksaan atau berganti ruang,
lengkap dengan tempat tidurnya. Ini merupakan alasan kenapa lift rumah sakit
harus dirancang khusus, dan berbeda dengan elevator biasa untuk penumpang.
Ada beberapa hal yang harus mampu dipenuhi lift di tempat ini,
lantaran rumah sakit penuh dengan orang yang berlalu-lalang, orang berusia
lanjut, sakit dan tak mampu naik tangga, dan tentu saja, banyak stretcher atau
tempat tidur yang harus dipindah. Bahan material pembuatan lift haruslah kuat,
kokoh, dan sesuai dengan standar regulasi yang ada, sehingga mampu bertahan lama.
Ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengelola rumah
sakit, ketika akan membeli atau melakukan konstruksi untuk lift:
1. Harus serba guna
Lift di rumah sakit harus mampu mengakomodasi sebanyak mungkin
tipe beban, orang, barang, dll. serta masih cukup fleksibel jika di kemudian
hari ada perubahan.
2. Mengakomodasi kursi roda
Agar pasien bisa mengakses area-area di rumah sakit dengan lebih
bebas, harus ada lift yang bisa dinaiki pasien berkursi roda, dengan pintu di
arah berlawanan, sehingga pasien tak perlu mengubah arah kursi roda tersebut.
3. Handrails
Harus ada untuk pasien atau pengunjung sehingga bisa berpegangan.
Meski tergantung dari jenisnya, seperti lift untuk troli misalnya, sebaiknya
hanya perlu handrails di satu sisi.
4. Lift untuk tempat tidur pasien
Untuk bisa mengakomodasi tempat tidur pasien, seharusnya lift
berukuran minimal 1.800x2.700 mm, dengan adanya handrails.
5. Finishing touch
Lantai harus anti selip, dengan lampu diletakkan di pinggir, bukan
langsung menyinari ke bawah sehingga tak membuat pasien di tempat tidur silau.
Perawatan yang rutin sangatlah penting dalam proses maintenance
untuk lift rumah sakit ini, terutama kebersihan di bagian tombol lift. Selain
itu, bahan pembuatan lift juga harus mampu tahan dengan rutinitas pembersihan
yang intensif, pintu yang mudah dibuka jika ada kondisi darurat, ada CCTV, dan
back-up untuk pasokan listrik jika lampu mati.
harga lift penumpang (pasanger
elevator)
kapasitas 450 kg - 4 lantai
unit :USD 24.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
kapasitas 630 kg - 4 lantai
unit :USD 26.500
pasang :27 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa
bila belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di lokasi
project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
lift rumah tinggal ( home
lift )
kapasitas 320 kg - 4 lantai
unit :USD 22.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila belum
tersedia
lift rumah tinggal kaca ( home lift panoramik)
kapasitas 320 kg - 4 lantai
unit :USD 26.500 tergantung
desaint interior pemesanan
pasang :27 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
harga lift rumah sakit (bed
elevator)
kapasitas 1000 kg - 2 lantai
unit :USD 30.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
harga lift makanan ( dumbwaiter )
kapasitas 100 kg - 4 lantai
unit :90 juta
pasang :20 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
harga lift barang ( cargo
lift )
kapasitas 1000 kg - lantai
unit :180 juta
pasang :20 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
harga product FUJI hd
harga lift product china berikut adalah harga
estimasi.ketinggian lantai ,kapasitas , lokasi , dan kondisi lapangan
berpengaruh terhadap harga untuk mendapatkan penawaran resmi dari kami silakan
email data kebutuhan anda ke
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
harga lift penumpang (pasanger elevator)
kapasitas 450 kg - 4 lantai
unit :USD 31.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
kapasitas 630 kg - 4 lantai
unit :USD 34.500
pasang :27 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa
bila belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
lift rumah tinggal ( home
lift )
kapasitas 320 kg - 4 lantai
unit :USD 32.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila belum
tersedia
lift rumah tinggal kaca ( home lift panoramik)
kapasitas 320 kg - 4 lantai
unit :USD 35.500 tergantung
desaint interior pemesanan
pasang :27 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
harga lift rumah sakit (bed
elevator)
kapasitas 1000 kg - 2 lantai
unit :USD 38.000
pasang :25 juta (tergantung tempat pemasangan
dan wilayah )
kirim : 5 juta
(tergantung tempat pemasangan dan wilayah )
biaya di atas belum termasuk kontruksi ruang luncur apa bila
belum tersedia
estimasi pemasanan lift dan pembayaran lift
1. sedah melakukan pemilihan
desaint interior lift yang di inggin kan
2. peroses order 3 bulan
3. P.O telah kami
terima dp 50% dari harga unit
4. unit lift akan di kirim
dari pabrik menuju lokasi 50% dari harga unit
5. onside product lift di
lokasi project 50% dari harga pemasangan dan biaya kirim
6. sisanya retensi 3 setelah
pekerjaan selasai terhitung dari berita acara di keluarkan
7. garansi product 6 bulan
garansi maintenance 3 bulan garansi mesin traction 2 tahun
⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫⏬⏫
Kami siap melayani anda denggan professional denggan tenaga ahli
di bidang nya adapun jasa yang kami berikan sebagai berikut :
- perbaikan
lift
- perawatan
lift
- penyedian
suku cadang lift
- moderisasi
lift
- pemasanggan
lift
- pembongkaran
lift
- jual
beli lift
- interior
lift
- peremajaan
lift denggan teknologi terbaru
- sparepart
segala jenis merk lift denggan harga terjangkau
kami yang khusus di bidang perbaikan lift / pemasanggan lift,
dengan di dukung tenaga ahli di bidang dengan segudang pengalaman yang sudah
tidak di ragukan lagi adapun sepecial job yang ada pada kami sebagai berikut:
peremajaan lift
perbaikan lift
pemasanggan lift
jual beli lift
kontruksi lift
mderisasi lift
part lift
pemesanan lift
konsultasi lift
pemasangan lift second
pemasanggan lift new
LIFT SECOND
pasti nya anda raggu dengan lift second dengan kualitas dan
keamanan lift tersebut TAPI TUNGGU DULU BIAR KAMI JELASKAN MENGENAI SPEC
LIFT KAMI
lift yang ada pada kami rata rata dari gedung
pemerintahan yang masa pakai nya tergolong sesaat dengan kondisi yang masih
cukup baik untuk di gunakan kembali
mengenai merk kami rata rata menampung lift
dengan kualitas baik contoh mitsubishi , otis ,thoshiba , hyundai ,lg ,
sigma DLL
lift yang ada pada kami sudah kami perbaiki
dengan qualiti control untuk mengganti part apabila ada kerusakan atau tidak
layak
lift yang ada pada kami untuk masalah
elektrical dan mekanikal kami perbarui hingga mencapai tahap moderen dan lebih
sensitif dengan di dukung teknologi tercanggih untuk saat ini
untuk masalah garansi gak perlu khawatir kami
siap memberikan garansi lebih lama di banding unit baru
masalah harga kami lebih murah di banding yang
lai atau peroduct baru
LIFT BARU
merk yang kami pasarkan adalah :
SAKURA , TRAVIS , MOVI ,FUJI , MITSUBISHI SHANGHAI , OTIS SIJI
dengan di dukung tenaga
ahli yang sudah berpengalaman hapir puluhan tahun di bidang lift
perusahaan kami sudah
terdaftar di depnaker K3 , ASOSIASI APLE , ASOSIASI KONTRUKSI
PERBAIKAN LIFT / SERVICE RUTIN
apabila anda memiliki lift bagus tidak didukung
tenaga ahli dengan kualitas baik maka lift anda tidak akan sempurna
apabila lift anda china di dukung dengan tenaga ahli dengan kualitas baik
maka lift anda gak kalah dengaan lift ber merk terkenal kami lah solusi nya
kualitas pengerjaan kami sudah standart
depnaker dengan pekerja yang berpengalaman
Kami sepesialis pemasanggan
lift dan pabrikasi lift di jakarta sudah banyak unit
yang telah kami pasang lift lokal maupun import dengan
kualitas terbaik
Banyak yang
bertaya berapakah harga pasang lift di rumah .... dan berapa
harga lift passanger untuk di kantor ... atau berapakah
harga lift untuk mengangkut barang ...
Berapakah biaya untuk
pemasangan lift
Berikut kami lampirkan
beberapa tips memilih lift dan memilih kontraktor lift
latar belakang
lift pada umum nya atau biasa di sebut elevator perangkat yang berfungsi
untuk memabawa barang maupun penumpang dari suatu tempat yang rendah ke tempat
yang lebih tinggi atau pun sebalik nya adapun jenis mesin lift di bagi menjadi
dua yaitu mesin lift penumpang dan lift barang . gerak kerja dari mesin lift
ini adalah dengan cara naik dan turun sangkar lift pada sebuah lorong lift di
mana gerakan nya berasal dari putaran motor listrik . kontruksi umum mesin lift
/ elevator berupa sebuah sangkar naik turun oleh mesin pengangkat . di mana
yang akan di rancang di sini adalah sangkar dan penyeimban beban
sangkar di mana mengunakan gaya geravitasi apabila sangkar naik maka bandul
akan turun begitu seterus nya untuk mengenai keamanan yang sudah di lengkapi
dengan sistem pengereman sefty break yg berpungsi sebagai suatu alat keamaanan
kecepatan apa bila lift bergerak melebihi batas kapasitas pada umum nya maka
sistem akan bekerja akan melakukan pengereman mendadak ..
berikut biaya perawatan
rutin lift pada umum nya standart jakarta
biaya perawatan perbulan
untuk perlantai Rp 250,000 per lantai
biaya tersebut
tergantung wilayah dan lokasi dan jumlah unit , jumlah lantai
1.pastikan harga
lift sesuai baged
2.pastikan lift yang
di beli tidak terlalu murah namun standard lift atara 200~300jt untuk
spect lokal 300~500jt untuk spect lift import tergantung jumlah lantai
dan kapasitas kalo di tawarkan harga di bawah itu hati hati .... karna
banyak orang lift yang nakal ... imbas nya ke kami yang
menawarkan harga standart ...karna bukan kenyamanan dan keamanan yang anda
dapat .....
~ Menurut owner kami
yang kecewa dengan lift yang mereka beli .... nama tidak kami
sebut kan karna hampir rata rata mereka kecewa dari segi pelayanan ....banyak
cerita yang di sampaikan .. sedikit kami ceritakan
*. Menurut keterangan
owner dia mebeli lift dengan harga 150jt dengan skejul
pekerjan 1 bulan pabrikasi 1 bulan pemasangan hinga selesai . Namun kenyataan
nya hanya di kirim beberapa part saja yang dikirim seperti rel dan mesin dan
sparepart kecil lain nya saja yang dikirim hingga bejalan 2 bulan sedangkan
pembayaran hampir 70% pihak pemborong tidak megirim kekuranggan part nya
dan tidak bisa di hubungi ... hingga akhirnya menghubungi kami untuk
mengecek kondisi barang dan kelengkapan sampai lift itu berjalan normal ...
beliau bertanya berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk melanjutkan
pekerjaan ...? Setelah pengecekan kami pun memberikan list part dan biaya
part yang kurang .....biaya part kelengkapan kurang lebih hingga siap
pasang kami rinci 180jt hinga bisa berjalan normal ... beliau pun
terkejut dengan rincian harga tersebut .... namun apa daya beliau pun
memutuskan pihak kami yang menyelsaikan pekerjaan .. kami pun ikut kecewa
dengan pelayanan sepropesi kami ...dan kami pun mengerjakan pekerjan hinga
selesai beliu pun puas dengan kami .. dengan kepercayan dan kepuasan pelanggan
kami berikan ... hingga sekarang setiap beliau pasang lift di beberapa ruko dan
kantor selalu di berikan kepada kami ..
*.pastikan bahwa setelah pasanggan
lift ... si pihak kontraktor sulit dihubungi hingga membuat
lift tidak beroprasi dalam waktu yang lama .. dan harga part yang di
tawaran terlalu mahal .. ini juga akan menjadi kendala untuk anda .. dan
berikut pengalaman owner yang berkerja sama belia kecewa dengan pelayanan pihak
kotraktor yang memasang lift ... dengan pelayanan setelah nya
tidak sesuai dengan keinginan beliau ... lift trubel sampai
berhari hari setiap trable selalu menganti part dengan harga mahal akhirnya
beliau pun mencoba mencari tenaga ahli yang lain akhir nya beliu pun menghungi
kami dan meminta kami untuk memperbaiki lift beliau dan cek seluruh komponen
lift ..
Dan kami pun memberikan
report setelah kami cek dan hasil nya semua komponen masih layak di gunakan dan
lift pun berjalan normal kembali dan beliau pun bercerita sedikit tentang
lift beliau dan memberikan beberapa part yang pernah di ganti dan kami
teliti part tidak sama jenis dengan unit yang terpasang di gedung ... dan
beliau pun merasa kecewa dengan kontraktor yang memasang lift ... dan akhir nya
bliau memutus kan pihak kami yang merawat lift tersebut dan
hingga kini kami masih merawat lift tersebut sudah 3
tahun berjalan beliau merasakan pelayanan kami dan tidak mau pihak lain yang
merawat
3.Seft dan keamanan
product di utamakan
4. Pastikan teknisi
lift berpengalaman di bidang lift elektrik mau pun mekanik
Begitulah hanya sedikit
penglaman kami yang kami rangkum dan masih banyak lagi...
CV. MITSUINDO JAYA TEKNIK
OFIICE:
JL. Raya setu
Ruko
puri asri .Blok A no 9a &10a
Telajung, Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat
17530, Indonesia
Tlp : 021-8262-4544
HP : 081385243445
whatsapp
: 081385243445
email
: indonesia.lift@gmail.com
Kami sepesialis
pemasanggan lift dan pabrikasi lift di jakarta sudah banyak unit yang telah
kami pasang lift lokal maupun import dengan kualitas terbaik
Banyak yang bertaya
berapakah harga pasang lift di rumah .... dan berapa harga lift passanger untuk
di kantor ... atau berapakah harga lift
untuk mengangkut barang ...
Berapakah biaya untuk pemasangan lift
Berikut kami lampirkan beberapa tips memilih lift dan
memilih kontraktor lift